About these ads

Pengertian Emas: Emas 24 Karat

Kita sering mendengar emas dikaitkan dengan kata ‘karat’ ketika ingin mengetahui kemurniannya. Banyak orang sering juga membicarakan bahwa emas yang terbaik adalah emas 24 karat. Sebenarnya karat dalam pengertian emas itu apa? Pengertian karat emas bukanlah lapisan merah (kekuning-kuningan) sebagai akibat proses kimia yang terjadi karena oksidasi logam dengan zat asam (oksigen) yg terdapat di udara atau yang dikenal dengan korosi.(bersambung ke halaman 2)

About these ads

Halaman: 1 2 3

Perihal suksesitubebas.com
Gejolak emosi, pemikiran dan pengalaman pribadi, serta pencarian pengetahuan dan informasi menuju cita-cita kebebasan dengan passive income diumur 35 saya curahkan lewat artikel-artikel yang saya publikasikan disini. Itulah alasan utama kenapa suksesitubebas.com dibuat, sebagai pengingat dan penyemangat.

3 Responses to Pengertian Emas: Emas 24 Karat

  1. Nadia mengatakan:

    angka 24 itu darimana ya asalnya?

    • Rian | sukses itu BEBAS mengatakan:

      Carat berasal dari bahasa Yunani “keration”, yang berarti biji buah carob, semacam buah petai yang tumbuh pada abad pertengahan. Tiap biji buah tersebut mempunyai berat yang hampir sama yaitu 0,20 gram (seperlima gram). Ini lantas dijadikan sebagai patokan ukuran berat intan/berlian dan dinyatakan dalam istilah “carat”. Namun karena berat biji carob tersebut bervariasi, maka para pembeli intan sering membawa biji carob sendiri sebagai patokan supaya terhindar dari penipuan oleh para pedagang.

      Pada abad XIV saat Kaisar Constantine I berkuasa, para pedagang intan/berlian dari Timur Tengah merambah Romawi dengan membawa dagangannya. Pada saat itu Kekaisaran Romawi menggunakan emas (koin solidus Constantine I) dan perak (koin Roman siliqua), namun mereka belum mempunyai standar untuk menentukan kadar kemurnian emas. Dipengaruhi oleh para pedagang pendatang tadi, dan dengan mengacu kepada carat (ukuran berat intan/berlian), serta dengan melihat kenyataan bahwa satu buah koin perak Roman siliqua yang beratnya menyerupai satu karat intan/berlian ternyata mempunyai berat 1/24 dari koin emas solidus Constantine I, maka disepakati bahwa angka tertinggi untuk kemurnian emas adalah 24. Untuk membedakannya dengan carat intan/berlian, maka penulisan carat sebagai satuan kadar emas diawali dengan huruf ‘K” sehingga menjadi Karat. Dalam dunia perdagangan modern, carat intan/berlian biasa disingkat sebagai “ct”, misalkan 1.325 cts atau 3.755 cts, sedangkan karat emas disingkat sebagai :K”, misalkan 24K, atau 14K.

Komentar Anda:

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.406 pengikut lainnya.