Laktosa Adalah Pendukung Pertumbuhan Anak? Ini Jawabannya!

Mungkin Anda pernah atau sering mendengar laktosa, namun tahukah apa yang dimaksud dengan laktosa tersebut? Singkatnya, laktosa adalah jenis gula yang memiliki peranan penting salah satunya dalam mendukung pertumbuhan anak. Zat ini kerap ditemukan pada susu ataupun produk olahannya.


Kandungan laktosa pada susu memang dibutuhkan dalam perkembangan si Kecil. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari laktosa pada susu bagi perkembangan anak? Berikut beberapa diantaranya!


  1. Membentuk bakteri baik (mikrobiotik)

Salah satu fungsi utama dari laktosa yaitu sebagai pembentuk bakteri baik dalam tubuh. Adapun tahapannya yaitu:


  • Laktosa tidak tercerna pada usus kecil dan langsung menuju usus besar.

  • Mikrobiotik pada usus besar mendapat makanan dari laktosa.

  • Mikrobiotik memproduksi prebiotic .

  • Prebiotic akan menyediakan nutrisi untuk probiotik. 

  • Bakteri baik akan terus hidup karena mendapat nutrisi dari laktosa.


Singkatnya, laktosa akan berperan dalam proses pencernaan di dalam tubuh. Oleh karena itu, saat Anda akan memberikan susu pada si Kecil, pastikan Anda perhatikan kandungan laktosanya, ya!


  1. Sumber energi 

Perlu Anda ketahui, laktosa adalah turunan dari karbohidrat yang menjadi salah satu sumber energi yang diperlukan tubuh. Meski ada juga protein dan lemak, akan tetapi nutrisi terbesar yang diperlukan oleh tubuh tetaplah karbohidrat. 

 

Laktosa memiliki rasa yang manis, namun manis disini adalah manis alami dan sehat yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam proses pertumbuhannya, pemberian nutrisi yang tepat untuk mendukungnya pun harus diperhatikan, salah satunya yaitu dengan pemberian susu dengan kandungan laktosa yang cukup.


  1. Memaksimalkan penyerapan nutrisi pada tubuh

Kandungan laktosa yang terkandung pada susu yang bersifat manis juga bermanfaat dalam menyerap berbagai jenis nutrisi seperti mineral, kalsium, zat besi dari makanan yang dikonsumsi. 


Jadi, selain memberi nutrisi ada mikrobiotik (bakteri baik), laktosa juga bermanfaat untuk menyerap nutrisi sehingga mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan serta tumbuh kembang anak. Seperti Mineral, kalsium dan zat besi sendiri merupakan nutrisi yang sangat diperlukan untuk perkembangan serta kesehatan tulang dan gigi.


Itulah dia beberapa fungsi dari laktosa yang baik untuk mendukung pertumbuhan anak. Mengingat vitalnya fungsi dari zat yang satu ini, maka pastikan Anda memberikan si Kecil susu Greenfields Fresh Milk mengandung berbagai nutrisi serta terjaga kualitas laktosanya.


Nurhasan

Sebagai seorang penulis, saya merasa bangga. Menulis adalah hal yang paling menyenangkan bagi saya, di samping dapat mengembangkan wawasan juga dapat berbagi informasi. Berbagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar